EVALUASI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR IN-ROOM DINING DI GOLDEN TULIP HOLLAND RESORT BATU

Pratanda, Dicky Ilham (2024) EVALUASI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR IN-ROOM DINING DI GOLDEN TULIP HOLLAND RESORT BATU. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301087_Cover.pdf] Text
362093301087_Cover.pdf

Download (731kB)
[thumbnail of 362093301087_Bab I.pdf] Text
362093301087_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of 362093301087_Bab II-Daftar Pustaka.pdf] Text
362093301087_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[thumbnail of 362093301087_Lampiran.pdf] Text
362093301087_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pariwisata adalah segala sesuatu yang menyangkut dan berhubungan dengan urusan dan kebutuhan seseorang melakukan perjalanan wisata. Perjalanan dilakukan karena keinginan mengunjungi berbagai tujuan atau kepentingan seperti berlibur, mengunjungi keluarga atau meeting di luar kota. Guna memenuhi urusan bisnis tersebut, setiap orang biasanya membutuhkan fasilitas pelayanan untuk beristirahat. Golden Tulip Holland Resort Batu merupakan satu-satunya hotel bintang 5 dengan standar Internasional di kota Batu, Malang, Jawa Timur. Di dalamnya sendiri terdapat banyak department, salah satunya department food & beverage service. Adapun jenis pelayanan pengantaran makanan ke kamar tamu di sebut room service. Di bagian room service sendiri terdapat SOP yang harus diterapkan karena sering terjadinya komplain dari tamu karenan kurang maksimalnya penerapan SOP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala yang dialami karyawan mengapa SOP masih belum diterapkan secara keseluruhan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif sederhana, pengumpulan datanya menggunakan data primer seperti observasi dan kuesioner, data sekunder seperti study dokumentasi dan study kepustakaan. harapan penelitian ini yaitu dapat mengetahui kendala yang ada agar dapat dievaluasi sehingga nantinya SOP dapat diterapkan secara keseluruhan. Hasil penelitian dapat disimpulkan 80% karyawan Food and Beverage Service sudah menjalankan penerapan SOP dengan baik terbukti dengan perhitungan yang telah dilakukan dengan kuisioner yang telah diolah data dan rata rata . untuk meningkatkan penerapan SOP karyawan Room Service perlu adanya monitoring dari seorang supervisor.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.1205
Uncontrolled Keywords: Standard Operasional Procedur; In-Room Dining; Hotel
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:12
Last Modified: 29 Oct 2025 07:12
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: