Evans, Linda (2024) ANALISIS KINERJA WAITER/WAITRESS DALAM PROFESIONALITAS KERJA ROOM SERVICE DI ILLIRA HOTEL BANYUWANGI. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.
362093301033_Cover.pdf
Download (551kB)
362093301033_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
362093301033_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
362093301033_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Sebagai industri jasa, staff hotel diharuskan untuk selalu profesional dalam memberikan pelayanan kepada tamu hotel, termasuk pada pelayanan room service. Profesionalitas kerja akan muncul ketika kinerja waiter/waitress dinilai sangat baik dan optimal. Penelitian ini fokus pada analisis kinerja waiter/waitress dalam profesionalitas kerja room service di Illira Hotel Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kinerja waiter/waitress dalam profesionalitas kerja room service di Illira Hotel Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni data reduction, data display, conclusion/verification. Berdasarkan hasil analisis, kinerja waiter/waitress dinilai baik dalam hal kesetiaan, prestasi employee of the month, kejujuran, kerja sama, kepemimpinan, kepribadian, prakarsa, kecakapan, tanggung jawab menghadapi komplain dan dinilai buruk dalam hal prestasi penjualan room service, kedisiplinan, kreativitas, dan tanggung jawab terhadap sarana dan prasarana room service. Profesionalitas kerja room service dinilai baik dalam hal product knowledge, kemampuan menjawab pertanyaan, ketelitian membaca captain order, kesesuaian pengantaran pesanan, kesopanan dalam pelayanan, menyelesaikan seluruh pekerjaan, kemampuan/skill, kesesuaian pekerjaan dengan kemampuan, kesesuaian pekerjaan dengan hasil yang diharapkan, kesesuaian dalam memenuhi request tamu, dan tanggung jawab sedangkan dinilai cukup dalam hal kehandalan, memenuhi target pelayanan, dan ketepatan waktu pengantaran serta dinilai buruk dalam hal ketelitian menyiapkan sarana/prasarana/pesanan, kesempurnaan pelayanan, dan keoptimalan pelayanan.
| Item Type: | Thesis (D4 / S1) |
|---|---|
| Additional Information: | Local Number: PA24.93301.678 |
| Uncontrolled Keywords: | Kinerja; Waiter/waitress; Profesionalitas Kerja; Room Service |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata |
| Depositing User: | Nurman Widodo, S.IP. Wid |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:26 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:26 |
| URI: | https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/721 |
