PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SALES CALL PADA DEPARTEMEN SALES AND MARKETING VILLA SO LONG BANYUWANGI

Winata, Safitri (2024) PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SALES CALL PADA DEPARTEMEN SALES AND MARKETING VILLA SO LONG BANYUWANGI. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301056_Cover.PDF] Text
362093301056_Cover.PDF

Download (686kB)
[thumbnail of 362093301056_Bab I.pdf] Text
362093301056_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of 362093301056_Bab II.pdf] Text
362093301056_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of 362093301056_Bab III.pdf] Text
362093301056_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of 362093301056_Bab IV.pdf] Text
362093301056_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 362093301056_Bab V.pdf] Text
362093301056_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of 362093301056_DaftarPustaka.pdf] Text
362093301056_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of 362093301056_Lampiran.pdf] Text
362093301056_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan Sales call pada Department Sales and Marketing Villa So Long Banyuwangi hanya berdasarkan Standard Operating Procedure (SOP) berupa arahan atau berdiskusi langsung dengan GM (General Manager), sehingga mengakibatkan tim dari sales marketing belum memiliki pedoman yang pasti. Dengan itu dilakukan penelitian yang menghasilkan dokumen Standard Operating Procedure (SOP) Sales call pada Department Sales and Marketing secara tertulis dan terstruktur agar pada saat adanya kegiatan Sales call dapat lebih fokus dan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis kesenjangan GAP analysis layanan, dimana penyusunan dokumen SOP dilakukan sesuai dengan kondisi ideal dimensi kualitas pelayanan (servqual) yakni: kehandalan (reliability), jaminan (assurance), Berwujud (tangible), daya tangkap (responsiveness) dan empati (emphaty) serta dibandingkan dengan kondisi terkini kegiatan Sales call. Adapun tahap kegiatan Sales call yang dihasilkan yaitu prepare sales call, proposal pengajuan sales call ke management, membuat janji dengan tamu/ client, mengunjungi perusahaan yang sudah ditentukan sesuai dengan jadwal, follow-up inquiry dari client saat sales call dan pembuatan laporan kunjungan sesuai dengan format yang disediakan. Untuk memastikan dokumen SOP Sales call yang telah dihasilkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka dilakukan tahap verifikasi dan validasi oleh GM (general manager) sebagai validasi dan SM (sales marketing) sebagai verifikasi.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.687
Uncontrolled Keywords: Standard Operating Procedure (SOP); Department Sales and Marketing; Sales Call; Analisis GAP
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 17 Oct 2025 09:13
Last Modified: 17 Oct 2025 09:13
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: