Winata, Safitri (2024) PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SALES CALL PADA DEPARTEMEN SALES AND MARKETING VILLA SO LONG BANYUWANGI. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.
362093301056_Cover.PDF
Download (686kB)
362093301056_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
362093301056_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
362093301056_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
362093301056_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
362093301056_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
362093301056_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
362093301056_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kegiatan Sales call pada Department Sales and Marketing Villa So Long Banyuwangi hanya berdasarkan Standard Operating Procedure (SOP) berupa arahan atau berdiskusi langsung dengan GM (General Manager), sehingga mengakibatkan tim dari sales marketing belum memiliki pedoman yang pasti. Dengan itu dilakukan penelitian yang menghasilkan dokumen Standard Operating Procedure (SOP) Sales call pada Department Sales and Marketing secara tertulis dan terstruktur agar pada saat adanya kegiatan Sales call dapat lebih fokus dan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis kesenjangan GAP analysis layanan, dimana penyusunan dokumen SOP dilakukan sesuai dengan kondisi ideal dimensi kualitas pelayanan (servqual) yakni: kehandalan (reliability), jaminan (assurance), Berwujud (tangible), daya tangkap (responsiveness) dan empati (emphaty) serta dibandingkan dengan kondisi terkini kegiatan Sales call. Adapun tahap kegiatan Sales call yang dihasilkan yaitu prepare sales call, proposal pengajuan sales call ke management, membuat janji dengan tamu/ client, mengunjungi perusahaan yang sudah ditentukan sesuai dengan jadwal, follow-up inquiry dari client saat sales call dan pembuatan laporan kunjungan sesuai dengan format yang disediakan. Untuk memastikan dokumen SOP Sales call yang telah dihasilkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka dilakukan tahap verifikasi dan validasi oleh GM (general manager) sebagai validasi dan SM (sales marketing) sebagai verifikasi.
| Item Type: | Thesis (D4 / S1) |
|---|---|
| Additional Information: | Local Number: PA24.93301.687 |
| Uncontrolled Keywords: | Standard Operating Procedure (SOP); Department Sales and Marketing; Sales Call; Analisis GAP |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata |
| Depositing User: | Nurman Widodo, S.IP. Wid |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 09:13 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 09:13 |
| URI: | https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/726 |
