PENGARUH KUALITAS PELAYANAN RECEPTIONIST TERHADAP KEPUASAN TAMU DI PALAWI RESORT COBAN RONDO MALANG

Atmasari, Dini (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN RECEPTIONIST TERHADAP KEPUASAN TAMU DI PALAWI RESORT COBAN RONDO MALANG. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301133_Cover.pdf] Text
362093301133_Cover.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of 362093301133_Bab I.pdf] Text
362093301133_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[thumbnail of 362093301133_Bab II-Daftar Pustaka.pdf] Text
362093301133_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[thumbnail of 362093301133_Lampiran.pdf] Text
362093301133_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Palawi Resort Coban Rondo merupakan salah satu akomodasi yang ada di sekitar Wana Wisata Coban Rondo Malang. Resort ini bisa ditemukan di tengah hutan yang memberikan keindahan alam dan udara yang sejuk. Masing-masing section di Palawi Resort Coban Rondo Malang memiliki tugas dan tanggung jawab. Bagian front office dari reception merupakan tanggung jawab receptionist. Receptionist memiliki tugas menangani penerimaan tamu, menjual resort hotel dan fasilitasnya, dan memberikan pelayanan kepada tamu yang menginap di resort hotel. Palawi Resort Coban Rondo masih sederhana dari segi fasilitas dan tatanan secara strukturalnya. Jika pada hotel umumnya ada section yang memegang per bagian, atau biasa disebut department, di Palawi Resort Coban Rondo belum memadai. Palawi Resort Coban Rondo perlu adanya pengoptimalan di staff resort untuk menunjang peningkatan kualitas pelayanan receptionist terhadap kepuasan tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Receptionist terhadap kepuasan tamu di Palawi Resort Coban Rondo Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Aplikasi SPSS versi 26 digunakan untuk melakukan analisis data penelitian yang meliputi analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, dan uji T. Data diperoleh dari hasil kuesioner yang dibagikan kepada tamu di Palawi Resort Coban Rondo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan receptionist Palawi Resort Coban Rondo memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan tamu yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 6.021 > ttabel 1.981. Hasil tersebut thitung > ttabel atau nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan untuk evaluasi bagi pihak Palawi Resort Coban Rondo Malang untuk mempertahankan kualitas pelayanan receptionist demi menjaga kepuasan tamu.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.693
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Recepcionist; Kepuasan Tamu
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:27
Last Modified: 23 Oct 2025 08:27
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: