EVALUASI IMPLEMENTASI SOP (STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE) PELAYANAN WAITER DAN WAITRESS DI RESTORAN BAHAGIA SELECTA KOTA BATU

Umam, Dwinda Rizkia Rosyidatul (2024) EVALUASI IMPLEMENTASI SOP (STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE) PELAYANAN WAITER DAN WAITRESS DI RESTORAN BAHAGIA SELECTA KOTA BATU. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301031_Cover.pdf] Text
362093301031_Cover.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of 362093301031_Bab I.pdf] Text
362093301031_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of 362093301031_Bab II-Daftar Pustaka.pdf] Text
362093301031_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[thumbnail of 362093301031_Lampiran.pdf] Text
362093301031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi SOP Waiter dan Waitress yang ditetapkan oleh perusahaan. Ada 5 dimensi kualitas pelayanan yang dilihat, yakni, bukti langsung (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5). Instrumen penelitian ini adalah kuisioner dengan skala likert, masing-masing responden mengisi sebuah kuisioner yang berisi tentang ekspektasi dan persepsi. Pada penelitian ini akan dihitung gap 5 dari metode servqual yaitu gap antara ekspektasi dan persepsi. Secara keseluruhan terdapat kesenjangan (gap) yang terjadi pada kualitas layanan, antara persepsi pelanggan dengan ekspektasi pelanggan. Terdapat kesenjangan bernilai negatif yang semakin kecil nilainya pada dimensi daya tanggap yaitu pada atribut Waiter dan Waitress segera mengarahkan konsumen ke tempat duduk (-1,2). Selanjutnya juga terdapat kesenjangan bernilai negatif lainnya yang memiliki nilai kecil, yakni pada dimensi bukti fisik Waiter dan Waitress menggunakan sepatu formal (-0,18). Prioritas perbaikan yaitu pada dimensi bukti fisik dan dimensi daya tanggap.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.754
Uncontrolled Keywords: Gap Analysis; Selecta; Servqual GAP; SOP; Waiter dan Waitress; Restoran Bahagia Selecta
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:46
Last Modified: 22 Oct 2025 07:46
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: