Oktaviana, Rizki Elda (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI MIRA KATERING JEMBER. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.
362093301085_Cover.pdf
Download (706kB)
362093301085_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
362093301085_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (664kB)
362093301085_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Usaha pariwisata yang banyak diminati oleh semua kalangan saat ini adalah usaha jasa makanan dan minuman. Salah satunya yaitu usaha katering. Dalam mempertahankan usaha katering, harus mengutamakan kualitas agar harapan dan kepuasan pelanggan terpenuhi. Adapun kualitas yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan. Pelayanan yang berkualitas dapat memberikan nilai tambah dan memberikan manfaat bagi pelanggan. Kepuasan pelanggan sangat mempengaruhi kemajuan suatu usaha karena jika pelanggan merasa puas maka peluang pelanggan melakukan pembelian ulang semakin besar. Hal tersebut menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Mira Katering dalam mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Mira Katering Jember. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang ada di Mira Katering Jember memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 18,413 > ttabel 1,661. Nilai dari uji koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,785 sehingga dapat diketahui bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 78,5%.
| Item Type: | Thesis (D4 / S1) |
|---|---|
| Additional Information: | Local Number: PA24.93301.790 |
| Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata |
| Depositing User: | Nurman Widodo, S.IP. Wid |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 08:43 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 08:43 |
| URI: | https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/761 |
