MODEL BAURAN PROMOSI KUSUMA AGROWISATA BATU DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Akmaludin, Safri (2024) MODEL BAURAN PROMOSI KUSUMA AGROWISATA BATU DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301111_Cover.pdf] Text
362093301111_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 362093301111_Bab I.pdf] Text
362093301111_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of 362093301111_Bab II-Daftar Pustaka.pdf] Text
362093301111_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 362093301111_Lampiran.pdf] Text
362093301111_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penurunan kunjungan wisatawan menjadi fenomena penting yang berdampak pada industri pariwisata suatu perusahaan. Fenomena penurunan kunjungan wisatawan yang terjadi pada Kusuma Agrowisata pada tahun 2023 bisa disebabkan oleh berbagai faktor internal dan eksternal yang berdampak pada kinerja perusahaan. Salah satu faktor internal yang berpengaruh terhadap penurunan jumlah pengunjung adalah strategi promosi yang merupakan rancangan untuk mempengaruhi masyarakat agar mengetahui dan tertarik untuk berkunjung. Pendekatan metode kualitatif deskriptif telah digunakan dalam penelitian ini melalui sumber data primer wawancara, observasi, dokumen, dan data sekunder dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian berdasarkan analisis yang dilakukan menunjukan bahwa Kusuma Agrowisata menggunakan lima model bauran promosi berdasarkan teori Promotion Mix Philip Kotler dan Gary Armstrong pada strategi promosi yang dilakukan dengan prioritas utama periklanan, diikuti penjualan personal, promosi penjualan, pemasaran langsung dan hubungan masyarakat. Namun, penelitian ini menemukan adanya kendala-kendala yang dihadapi Kusuma Agrowisata dalam melakukan kegiatan bauran promosi diantaranya, minimnya responsivitas dari tim penjualan terhadap pertanyaan yang masuk melalui whatsapp perusahaan, tidak adanya content marketing plan sehingga promosi yang dilakukan di media sosial tidak terstruktur, dan kurangnya sumber daya manusia. Hal tersebut menyebabkan strategi promosi yang dijalankan kurang maksimal dan membuat penjualan menurun, tentunya hal ini menjadi faktor yang perlu dikaji lagi lebih lanjut.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.1344
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi; Pemasaran; Strategi Promosi; Pariwisata
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:11
Last Modified: 29 Oct 2025 07:11
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: