PEMETAAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN BERBASIS CUSTOMER WINDOW

Billah, Trisky Febrian Zallsa (2024) PEMETAAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN BERBASIS CUSTOMER WINDOW. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301008_Cover.pdf] Text
362093301008_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 362093301008_Bab I.pdf] Text
362093301008_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of 362093301008_Bab II-Daftar Pustaka.pdf] Text
362093301008_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[thumbnail of 362093301008_Lampiran.pdf] Text
362093301008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang kepuasan kerja karyawan di PT XYZ, sebuah perusahaan startup pariwisata. Perusahaan menghadapi fenomena tingginya turnover dalam beberapa bulan terakhir. Dalam upaya memahami permasalahan ini, penelitian menggunakan pendekatan Customer Window. Pendekatan ini memperlakukan karyawan sebagai pelanggan internal, dengan memetakan kebutuhan dan keinginan pelanggan internal. Data turnover dan absensi karyawan dari bulan Juli hingga Desember 2023 mengalami naik turun. Melalui pendekatan Customer Window, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman organisasi terhadap kebutuhan pelanggan internal dan memotivasi perbaikan berkelanjutan. Dengan meningkatnya kepuasan kerja, diharapkan dapat mengurangi tingkat turnover karyawan. Penelitian ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi manajemen sumber daya manusia PT XYZ, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas kehidupan kerja karyawan dan kepuasan kerja yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indikator yang masuk pada kuadran A (Attention) adalah gaji, pengakuan, supervisi pimpinan, kondisi kerja dan pelatihan, untuk kuadran B (Bravo) adalah kebijakan perusahaan, pekerjaan itu sendiri, rekan kerja, dan jaminan sosial. Sedangkan indikator yang masuk pada kuadran C (Communicate) dan kuadran D (Don’t Worry Be Happy) tidak ada.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.638
Uncontrolled Keywords: Customer Window; Kepuasan Kerja; Turnover
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:18
Last Modified: 28 Oct 2025 07:18
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: