PENGARUH SERVICE MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI LUMINOR HOTEL BANYUWANGI

Izza, Mubalighoh Aqidatul (2024) PENGARUH SERVICE MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI LUMINOR HOTEL BANYUWANGI. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301009_Cover.pdf] Text
362093301009_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 362093301009_Bab I.pdf] Text
362093301009_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of 362093301009_Bab II-Daftar Pustaka.pdf] Text
362093301009_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 362093301009_Lampiran.pdf] Text
362093301009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Luminor Hotel Banyuwangi adalah salah satu hotel ataupun akomodasi penginapan bintang 3 yang ada di Banyuwangi yang kini terus meningkatkan usahanya agar lebih inovatif dan kreatif untuk dapat bertahan dalam persaingan dunia bisnis. Salah satu upaya untuk melewati keberhasilan dalam persaingan bisnis tersebut, hotel ini menerapkan cara dengan mengetahui pengaruh keputusan tamu menginap dengan bentuk service marketing mix yang diterapkan dalam melakukan pemasarannya. Oleh karena itu tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh parsial dan simultan antara variabel service marketing mix (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) terhadap keputusan tamu menginap di Luminor Hotel Banyuwangi. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah tamu yang sedang/pernah menginap di Luminor Hotel Banyuwangi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir (tahun 2019 - tahun 2023). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu 100 responden yang menggunakan kamar saja (tanpa breakfast dan paket meeting/social event hotel). Metode penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengujian yaitu uji instrumen data (uji validitas dan uji relialibilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas), serta uji hipotesis (uji regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, uji t (parsial) dan uji F (simultan)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel promotion dan people memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap, sedangkan variabel product, price, people, physical evidence, dan process memiliki hasil tidak berpengaruh terhadap keputusan tamu menginap. Namun secara simultan, variabel product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), physical evidence (X6), dan process (X7) berpengaruh signifikan terhadap keputusan tamu menginap (Y).

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.639
Uncontrolled Keywords: Keputusan Tamu Menginap; Luminor Hotel Banyuwangi; Service Marketing Mix
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:28
Last Modified: 28 Oct 2025 07:28
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: