STRATEGI PROMOSI PAKET WISATA PT BLUTAMA IMAWANGI TOUR AND TRAVEL BANYUWANGI

Safitri, Nurma (2024) STRATEGI PROMOSI PAKET WISATA PT BLUTAMA IMAWANGI TOUR AND TRAVEL BANYUWANGI. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301007_Cover.pdf] Text
362093301007_Cover.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of 362093301007_Bab I.pdf] Text
362093301007_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of 362093301007_Bab II-Daftar Pustaka.pdf] Text
362093301007_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[thumbnail of 362093301007_Lampiran.pdf] Text
362093301007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Blutama Imawangi Tour and Travel merupakan industri yang menyediakan penjualan tiket, paket luar negeri dan wisata domestik. Permasalahan yang terjadi di PT Blutama Imawangi Tour and Travel yaitu minimnya upaya dalam hal mempromosikan paket wisata dan penjualan paket wisata yang mengalami fluktuatif. Lokasi penelitian berada di PT Blutama Imawangi Tour and Travel berada di Jl. Gajah Mada, Palapa II No. 49 Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor intenal dan eksternal serta merumuskan strategi yang dapat dilakukan pada promosi di PT Blutama Imawangi Tour and Travel. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang di dapat dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pemilihan narasumber ( owner, karyawan bagian marketing, pelanggan) menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan yaitu matriks IE dan analisis SWOT. Adapun hasil penelitian ini yaitu menunjukan alternatif strategi promosi, strategi SO yaitu meningkatkan promosi melalui media sosial serta menyesuaikan konten brosur dengan minat masyarakat dan mengikuti program pemerintah dan menjadi patner promosi wisata. Strategi WO yaitu memaksimalkan jumlah karyawan bidang pemasaran dan menambahkan paket wisata baru dan unik. Strategi ST yaitu meningkatkan kualitas brosur dan mempertahankan kerjasama dengan isntansi lain. Strategi WT yaitu mengembangkan promosi melalui media sosial yang belum dimiliki dan melakukan Kerjsama dengan instasi lain yang paham dalam promosi paket wisatanya.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.659
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi; Biro Perjalanan Wisata; Paket Wisata; Matriks IE dan SWOT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 27 Oct 2025 08:20
Last Modified: 27 Oct 2025 08:20
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: