ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET WISATA TOUR ORGANIZER YUK BANYUWANGI

Fortuna, Niluh Ayu Triana Dewi (2024) ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET WISATA TOUR ORGANIZER YUK BANYUWANGI. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301044_Cover.pdf] Text
362093301044_Cover.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 362093301044_Bab I.pdf] Text
362093301044_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of 362093301044_Bab II-Daftar Pustaka.pdf] Text
362093301044_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[thumbnail of 362093301044_Lampiran.pdf] Text
362093301044_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam era abad 21 Indonesia mengalami perkembangan teknologi yang signifikan termasuk dalam teknologi internet yang berdampak besar bagi kehidupan manusia salah satunya dalam aspek ekonomi di bidang perdagangan elektronik yang ada di Indonesia. Perkembangan di e-commerce di Indonesia merambah hingga aspek pariwisata khususnya industri perjalanan pariwisata. Dengan adanya media sosial Instagram menjadi salah satu media promosi yang mendukung penerapan electronic word of mouth. Penelitian ini dilakukan di PT Pratama Wisata Lintas Nusa atau Yuk Banyuwangi yang merupakan penyedia jasa perjalanan wisata yang ada di Banyuwangi bertempat di jalan Trunojoyo nomor 11 B Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh Electronic Word Of Mouth (X) terhadap keputusan pembelian (Y) di Yuk Banyuwangi. Penelitian ini melibatkan tamu yang telah menggunakan jasa Yuk Banyuwangi dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Aplikasi SPSS versi 26 digunakan untuk melakukan analisis data penelitian yang meliputi analisis regresi linear, sederhana koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, dan uji T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth yang ada pada media sosial yang bekerja sama dengan Yuk Banyuwangi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhdap keputusan pembelian paket wisata yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 14.043 > ttabel 2.659. Hasil tersebut thitung > ttabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan untuk evaluasi bagi pihak Yuk Banyuwangi untuk meningkatkan kualitas dan menjaga serta memperbaiki electronic word of mouth yang ada di media sosial demi menjaga kepercayaan dan positive electronic word of mouth.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.667
Uncontrolled Keywords: Electronic Word Of Mouth; Keputusan Pembelian; Tour Organizer
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 27 Oct 2025 06:28
Last Modified: 27 Oct 2025 06:28
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: