PENGARUH KUALITAS PELAYANAN UPANAT TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG NAIK CANDI TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR

Nurhasana, Sindi (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN UPANAT TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG NAIK CANDI TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301016_Cover.pdf] Text
362093301016_Cover.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of 362093301016_Bab I.pdf] Text
362093301016_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of 362093301016_Bab II-Daftar Pustaka.pdf] Text
362093301016_Bab II-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[thumbnail of 362093301016_Lampiran.pdf] Text
362093301016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan penggunaan upanat sebagai alas kaki khusus naik candi Taman Wisata Candi Borobudur merupakan kebijakan baru setelah pandemi Covid-19. Kebijakan ini belum disertai dengan pemahaman dan keterbiasaan pengunjung dalam menaati prosedur naik candi. Fenomena tersebut menyebabkan kepuasan pengunjung naik candi menjadi perhatian. Maka dari itu, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul ‘’Pengaruh Kualitas Pelayanan Upanat Terhadap Kepuasan Pengunjung Naik Candi Taman Wisata Candi Borobudur’’. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif bertujuan menguji pengaruh variabel independen yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, serta empathy secara parsial dan simultan, terhadap variabel dependen kepuasan pengunjung. Sampel diambil sebanyak 100 responden berasal dari pengunjung naik candi dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan dua dari lima variabel yakni tangibles dan responsiveness secara pasial berpengaruh tidak signifikan sedangkan, tiga variabel lainnya yaitu reliability, assurance dan emphaty berpengaruh signifikan secara parsial. Selain itu, tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy dengan tingkat signifikansi pada uji F 0,000 >0,05 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.685
Uncontrolled Keywords: Kualitas; Pelayanan; Upanat; Kepuasan; Pengunjung
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:26
Last Modified: 23 Oct 2025 08:26
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: