PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET WISATA DI ANAK USAHA PT PRATAMA WISATA LINTASNUSA (JALANKEBROMO)

Zulfa, Prista Ajeng Indana (2024) PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET WISATA DI ANAK USAHA PT PRATAMA WISATA LINTASNUSA (JALANKEBROMO). D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301118_Cover.pdf] Text
362093301118_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 362093301118_Bab I.pdf] Text
362093301118_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 362093301118_Bab II_Daftar Pustaka.pdf] Text
362093301118_Bab II_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 362093301118_Lampiran.pdf] Text
362093301118_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jalankebromo merupakan biro perjalanan wisata melayani berbagai jenis tour diantaranya adalah open trip, private trip, dan sewa jeep yang berada di bawah naungan perusahaan PT. Pratama Wisata Lintasnusa. Jalankebromo memutuskan untuk menggunakan media sosial TikTok sebagai sarana promosi paket wisata yang disediakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pomosi media sosial TIktok (X) terhadap keputusan pembelian paket wisata (Y) di anak usaha PT. Pratama Wisata Lintasnusa (Jalankebromo). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif dan menggunakan 96 responden. Metode penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji regresi linear sederhana, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahawa promosi media sosial TikTok memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket wisata di anak usaha PT. Pratama Wisata Lintasnusa (Jalankebromo) dibuktikan dengan nilai nilai thitung 11.957 > ttabel 1,989 yang memiliki signifikansi 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Nilai dari uji koefisien determinasi (R)2 yaitu sebesar 0,603 sehingga dapat diketahui bahwa pengaruh promosi media sosial TikTok terhadap keputusan pembelian paket wisata sebesar 60,3%. Dengan demikian TikTok menjadi media promosi yang efektif dalam promosi paket wisata Jalankebromo.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.702
Uncontrolled Keywords: Biro Perjalanan Wisata; Bromo; Keputusan Pembelian; Promosi; TikTok
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:46
Last Modified: 22 Oct 2025 07:46
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: