PERANAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) ACCOUNT PAYABLE TERHADAP KEPUASAN PEMBAYARAN SUPPLIER DI ASTON BANYUWANGI HOTEL & CONFERENCE CENTER

Aini, Nurul (2024) PERANAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) ACCOUNT PAYABLE TERHADAP KEPUASAN PEMBAYARAN SUPPLIER DI ASTON BANYUWANGI HOTEL & CONFERENCE CENTER. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 362093301083_Cover.pdf] Text
362093301083_Cover.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of 362093301083_Bab I.PDF] Text
362093301083_Bab I.PDF
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of 362093301083_Bab II.pdf] Text
362093301083_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of 362093301083_Bab III.PDF] Text
362093301083_Bab III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of 362093301083_Bab IV.PDF] Text
362093301083_Bab IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of 362093301083_Bab V.pdf] Text
362093301083_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of 362093301083_DaftarPustak.pdf] Text
362093301083_DaftarPustak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of 362093301083_Lampiran.pdf] Text
362093301083_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam operasional hotel, supplier berkaitan langsung dengan account payable mengenai
pembayaran hutang hotel. Account Payable mempunyai standar operasional prosedur yang
harus dijalankan ketika melakukan pembayaran hutang kepada supplier. Tanggapan positif
maupun negatif dari supplier adalah hal penting bagi hotel, ketika supplier merasa puas maka
nama baik hotel akan terjaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
Standar Operasional Prosedur (SOP) Account Payable terhadap kepuasan pembayaran
pembayaran Supplier. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah seluruh Supplier
Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center dengan berjumlah 62 orang sebagai
responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif
kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana menggunakan bantuan SPSS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa standar operasional prosedur account payable berpengaruh
positif signifikan terhadap kepuasan pembayaran supplier yang dibuktikan dengan nilai thitung
> ttabel yaitu 5,501 > 2,001 atau nilai signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,005. Hasil
tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa variabel
standar operasional prosedur account payable secara parsial berpengaruh positif signifikan
terhadap kepuasan pembayaran supplier di Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA24.93301.756
Uncontrolled Keywords: Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center; Kepuasan Pembayaran; Supplier; Standar Operasional Prosedur; Account Payable
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 17 Oct 2025 09:16
Last Modified: 17 Oct 2025 09:16
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: