PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI WAROENG KEMARANG BANYUWANGI

PRATAMA, AGAM PRASETYA BHAKTI (2021) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI WAROENG KEMARANG BANYUWANGI. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 361693301086_Cover.pdf] Text
361693301086_Cover.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 361693301086_Bab I.pdf] Text
361693301086_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of 361693301086_Bab II-Bab III.pdf] Text
361693301086_Bab II-Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang penting saat ini dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia yang memanfaatkan pariwisata sebagai pendapatan untuk meningkatkan perekonomian daerahnya adalah Kabupaten Banyuwangi. Salah satu wisata kuliner yang menarik wisatawan untuk berkunjung adalah Waroeng Kemarang Banyuwangi. Waroeng Kemarang Banyuwangi terletak di Jln. Perkebunan Kalibendo, KM. 5, Desa Tamansuruh Glagah. Instagram merupakan media sosial yang sangat populer untuk saat ini dikalangan semua orang, dengan adanya instagram setiap orang mampu berinteraksi dan menyampaikan pesan yang berupa foto dan video dengan mudahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh media sosial instgaram terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 40 responden. Metode pengukuran data yang digunakan adalah uji instrumen dan uji asumsi klasik, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah regresi liniear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara media sosial instagram terhadap minat beli konsumen. Variabel media sosial instagram (X) memiliki nilai thitung > ttabel, yaitu 6,912 > 1,684875 (lihat nilai a dk 40) dengan tingkat signifikan < level of significance (a = 0,05) yaitu: 0,000 < 0,05. Lebih lanjut pengaruh yang didapat antara media sosial instagram terhadap minat beli konsumen adalah pengaruh positif signifikan. Implikasi manajerial yang diharapkan yaitu memperluas informasi tentang kuliner melalui media sosial instagram. Kemudian diharapkan pihak pengelola selalu menyebarkan informasi yang terkini agar konsumen merasa puas dan dapat memudahkan follower mendapatkan informasi tentang kuliner pada akun media sosial instagram Waroeng Kemarang Banyuwangi.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA2485
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Instagram; Minat Beli Konsumen; Waroeng Kemarang
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:25
Last Modified: 20 Oct 2025 02:25
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: