STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM PEMASARAN MELALUI MARKETPLACE INSTAGRAM SHOPPING SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PROMOSI PADA TOUR BANYUWANGI

Septiani, Jafna Khamalia (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM PEMASARAN MELALUI MARKETPLACE INSTAGRAM SHOPPING SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PROMOSI PADA TOUR BANYUWANGI. D4 / S1 thesis, Politeknik Negeri Banyuwangi.

[thumbnail of 361793301178_Cover.pdf] Text
361793301178_Cover.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of 361793301178_Bab I.pdf] Text
361793301178_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of 361793301178_Bab II.pdf] Text
361793301178_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[thumbnail of 361793301178_Bab III.pdf] Text
361793301178_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)

Abstract

Strategi adalah siasat yang digunakan untuk mencapai suatu maksud dalam segala hal yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini menuntut perusahaan biro perjalanan wisata lebih kreatif dengan memanfaatkan berbagai media sosisal dalam memasarkan paket wisata. Permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi pengembangan sistem pemasaran melalui marketplace instagram shopping sebagai alternatif media promosi pada Tour banyuwangi. Instagram shopping sendiri dipilih karena salah satu fitur yang dikembangkan oleh instagram untuk mendukung bisnis dan brand. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dimana uji coba produk dilakukan terhadap panelis yang terdiri dari konsumen yang aktif menggunakan instagram. Prosedur pengembangan mengikuti prosedur Borg and Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana dengan melibatkan sepuluh langkah utama, tetapi peneliti hanya membatasi tujuh tahapan saja pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pamflet paket wisata sebagai strategi pengembangan sistem pemasaran melalui marketplace instagram shopping dikategorikan sangat layak oleh beberapa ahli dengan presentase 98,5% oleh ahli media dan 86,6% oleh ahli materi sehingga dapat digunakan sebagai alternatif media promosi pada Tour Banyuwangi. Pada uji coba produk yang dilakukan kepada 30 responden mendapatkan presentase kelayakan rata-rata sebesar 83 % dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (D4 / S1)
Additional Information: Local Number: PA2499
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Instagram Shopping; Research and Development (R&D)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Pariwisata > Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
Depositing User: Nurman Widodo, S.IP. Wid
Date Deposited: 17 Oct 2025 09:12
Last Modified: 17 Oct 2025 09:12
URI: https://repository.poliwangi.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item
View Item
🌐 Pilih Bahasa: